BSI

BSI
My Campus

Pengikut

Follow aq ya
Rani Oktaviani. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sejarah Komputer Generasi ke VI

KOMPUTER GENERASI KE VI
Komputer Generasi Keenam
Pengembangan komputer generasi keenam lebih berpusat pada kecerdasan buatan(Artificial Intelligence) dan interaksi antara manusia dengan komputer. Interaksi ini mencakup interaksi secara fisik, psikis, interaksi dalam bahasa (linguistic) dan logika(logic). Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang. Komputer generasi keenam ini juga memiliki bermacam-macam bentuk dan kecerdasan. Bentuk disini dimaksudkan bahwa bentuk komputer ini tergantung dari kebutuhan Misal berbentuk pen sehingga mudah dibawa dll. Kecerdasan yang dimaksud disini bahwa komputer memiliki kecerdasan tertentu saja menurut si pembuat, misalnya komputer yang dipasang di mobil untuk memonitor kondisi lalulintas. Selain itu, komputer generasi keenam mudah untuk dioperasikan sehingga semua orang bisa menggunakan dengan kemampuan software dan hardware yang didukung sistem operasi yang bagus.
Ada beberapa konsep mengenai perkembangan komputer generasi keenam ini. Beberapa sumber menjabarkan sebagai berikut :
1. Komputer optik.
Komputer ini akan menggunakan partikel cahaya yang disebut photons. Ilmuan NASA telah mencoba untuk menggunakan cahaya dengan kecepatan yang sangat tinggi tanpa memperhitungkan hambatan udara. Dr. Donald Frazier telah melakukan penelitian terhadap blue laser. Beliau berkata bahwa apa yang didapat dari blue laser ini adalah perkembangan yang super cepat, super miniature, super ringan dan biaya yang lebih rendah dalam operasi komputer dan komunikasi optik.
2. Komputer Hologram
Komputer ini menggunakan hologram untuk pengoperasian. Bentuk komputer sudah tidak seperti generasi sebelumnya. Komputer dapat berbentuk arloji, pen dan sebagainya.

3. Fujitsu Corporation berencana membangun komputer generasi keenam dengan sistem parallel vektor. Tujuannya adalah untuk mencapai teraflops. Pertumbuhan WAN menjadi ciri menonjol yang diharapkan oleh Fujitsu.

ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER GENERASI KEENAM
Arsitektur komputer generasi keenam :
1. Mencapai teraflops yaitu aritmatika sepuluh perdetik.
2. RISC (Reduced Instruction Set Computing) merupakan sebuah arsitektur komputer atau arsitektur komputasi modern dengan instruksi-instruksi dan jenis eksekusi yang paling sederhana. Arsitektur ini digunakan pada komputer dengan kinerja tinggi, seperti komputer vektor.
3. Pipelening untuk jumlah instruksi yang dapat ditingkatkann dalam satu unit waktu.
4. Pemrosesan parallel.
5. Bahasa pemrograman tingkat tinggi (lebih dekat dengan manusia).
Organisasi komputer generasi keenam :
1. Penggunaan blue laser, hologram.
2. Penggunaan sistem dengan lebih dari 200 vektor.
3. Bentuk bermacam-macam tergantung kebutuhan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di Blog saya by:Rani.